Yogyakarta Earth Hour 2012

Photobucket

Salah satu cara untuk menghambat percepatan Global Warming adalah dengan mengajak tiap individu melakukan perubahan gaya hidup. WWF mengajak publik ngelakuin perubahan gaya hidup yang sederhana dan murah, yaitu hemat energi. Ketergantungan manusia kepada listrik semakin meningkat. Maka dari itu kita diajak untuk mematikan alat-alat elektronik pada jam 08.30 sampai 09.30 dan kalau bisa lebih dari satu jam. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi kebiasaan masyarakat.

Earth Hour?? Kampanye yang sekarang sudah menjadi isu global tentang penghematan penggunaan alat-alat elektronik yang dapat mengeluarkan CO2 dan dapat membahayakan bumi karena mengeluarkan gas yang dapat merusak lapisan Ozon. Sabtu 1 Maret kemarin kampanye ini digelar kembali serentak di beberapa Negara dunia dan Indonesia salah satunya.



Photobucket

Photobucket

Photobucket

Untuk tahun ini Indonesia berpartisipasi di lebih dari 26 kota di seluruh Indonesia menyelenggarakan Earth Hour, Yogyakarta salah satunya. Untuk tahun ini Earth Hour di Jogja di selenggarakan di beberapa tempat, ada di Candi Prambanan, Hotel Sheraton, Monumen Tugu Yogya, Mall Malioboro, Ambarukmo Plaza, dan Kraton Yogyakarta. Menurut beberapa artikel yang aku baca, tahun 2011 kemarin bisa menghemat energi listrik beratus-ratus MWh khusus di Indonesia, apalagi di seluruh dunia. Karena tahun ini baru aja diadain jadi belum tau berapa MWh energy listrik yang berhasil dihemat.

Nggak cuma harus mematikan alat-alat elektronik saja, mungkin sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini adalah semakin berpartisipasi “peduli” terhadap lingkungan. Bentuknya seperti apa? Standartnya yang udah sering dikampanyekan adalah membuang dan memilah sampah sesuai pada porsinya, bersepeda, mematikan listrik yang sekiranya tidak diperlukan saat itu, masih banyak lagi.



Photobucket

Photobucket
(ini aksiku, mana aksimu?)

Nggak perlu sampai nyusahin diri sendiri buat peduli terhadap lingkungan, mulai dari hal kecil aja deh tapi kalau itu udah jadi kebiasaan secara nggak sadar kita sudah ikut nyumbang energi positif buat lingkungan dan Bumi kok.

Ini aksiku, mana aksimu?

Cheers!!

Comments

Popular posts from this blog

Bagan, Kota Tua Dengan Ribuan Kuil dan Pagoda (part 2-end)

Mandi Lumpur Dalam Tradisi Mebuug-buugan

Vintage and Boho Style, La Laguna