Berspekulasi di Pantai Balangan

Minggu kemarin penjelajahan, menyusuri beberapa tempat asik di Bali berlanjut. Kali ini aku dan Haryo (temen di perumahan sewaktu kecil sampai sekarang) jalan jalan ke pantai Balangan. Pantai yang terkenal karena salah jadi salah satu surf spot di Bali ini.
Berangkat dari rumah sekitar jam 3an sore, awalnya sih agak ragu berangkat atau nggak karena cuaca pada saat itu labil bener! Kadang cerah banget tiba-tiba bisa jadi mendung, tapi akhirnya kami memutuskan buat berangkat. Mau kata disana hujan yang penting berangkat dulu deh. Diperjalanan mendung makin parah dan kayaknya tinggal nunggu hujan aja, tapi gitu kami sampai di Balangan mendung agak kurang tapi judulnya masih tetep mendung sih, hadehh! Agak berspekulasi sih kemarin itu.


Jarak pantai Balangan dari rumah saya di Padang Sambean (sekitar 15-30 menit lah kalau mau ke Kuta) bisa dibilang gak jauh banget, kemarin perjalanan naik motor sekitar 45 menit sampai 1 jam lah. Pantai ini nggak susah buat ditemuin, kalau tau GWK (Garuda Wisnu Kencana) lurus terus kearah Uluwatu, nanti kurang lebih 1km dari GWK ada petunjuk jalan ke kanan buat ke Pantai Balangan, dan tinggal diikuti aja tu jalan. Kalau masih bingung mungkin bisa liat map ini.

View Balangan Beach in a larger map
Begitu kami sampai di Balangan, aku yang saat itu baru pertama kali kesana jujur agak norak sih. Bayangin dari atas tebing yang hijau kita bisa liat pantai di bawah dan kita bisa turun juga kesana, sayang kemarin kami kesana cuaca kurang sip! Angin kenceng banget dari arah laut dan sedikit orang yang pergi surfing sore itu. Bisa aku bayangin kalau cuaca cerah, angin gak sekencang kemarin, dari atas tebing pasti udah keren banget! Kebayang scene landscape video-video di Iceland, rumput hijau, cahaya kuning matahari, suasana pantai, damn pasti keren banget!

Habis ambil beberapa gambar dari atas tebing, kita turun ke pantai. Buat turun kebawah gak perlu pake tali atau lift, ada beberapa buah anak tangga yang tersedia buat kita sampai ke pantai. Sampai di bawah ternyata kondisi pantai cukup kotor, karena sampah dari laut yang kebawa arus terdamparnya disini. Nggak Cuma Balangan aja, rata-rata pantai dari Kuta sampai Uluwatu kalau di bulan Januari sampai Februari pasti dapet kiriman sampah entah dari mana, dan jumlahnya gak tanggung-tanggung bisa sampai ribuan ton! Aneh memang.

Perjalanan berlanjut menyusuri pantai. Di pinggir pantai Balangan juga tersedia banyak warung buat kita pengunjung yang mau santai like a boss, dengan sebotol beer atau makanan ringan. Untuk harga antara 10K-50K, kita udah bisa duduk santai, dapet pemandangan yang keren dan sambil nikmatin sunset. What a life dude!
 
Buat aktivitas di pantai Balangan kita bisa, surfing, bodyboarding, berjemur, kemarin ngeliat beberapa kelompok ada yang lagi Yoga, dan beberapa aktivitas layaknya dipantai pada umumnya. Asal nggak buat kotor di pantai aja. Kalau gitu kapan sebaiknya kita main ke Balangan? Antara akhir Februari sampai September, karena biasanya angin di Bali udah nggak begitu kencang dan ombak (khusus buat kegiatan di air) banyak yang bagus. :)

Kapan-kapan kalau cuaca cerah dan ada waktu, bakal mampir kesini lagi. Penasaran sama imajinasi aku sendiri tentang suasana bukit di balangan kalau sore cerah. Next ke pantai mana kita?


Cheers mate! 

Comments

Popular posts from this blog

Bagan, Kota Tua Dengan Ribuan Kuil dan Pagoda (part 2-end)

Mandi Lumpur Dalam Tradisi Mebuug-buugan

Vintage and Boho Style, La Laguna