Nggak Sekedar "Mesakke" #SmartReview

Pasca kepindahan gue dari Jogja ke Bali yang udah hampir setahun, ada beberapa hal yang gue kangen-in salah satunya pergi ke gig. Kalau di Jogja selain waktu yang masih luang, acaranya disana bisa dibilang cukup banyak mulai dari yang urusannya dengan kesenian, musik, foto, dan festival.

Stand up comedy mungkin masuk kedalam list itu. Dulu waktu awal boomingnya stand up comedy sekitar 2011, bisa dibilang gue kena efek dari “trend” stand up comedy pada saat itu. Mulai yang nonton di tv, youtube, atau dateng ke acara open mic.



Karena gue ngeliatnya ini sebuah trend baru dalam tertawa, plus agak bosan dengan becandaan yang itu-itu aja (if you know what I mean J) dan jujur gue juga baru tau stand up comedy pada tahun itu juga. Sempet ngobrol sama om Imot juga tentang stand up comedy, jadi makin keranjingan. Tapi gue cuma sampai dalam tahap penikmat, bukan pelaku. Ada juga kan orang yang suka music, tapi dia milih cuma jadi pengamat music atau penikmat music dengan datang ke acara-acara konser, nah mungkin gue sama dengan mereka kalau di stand up comedy. :)

Hampir setaun juga gak nonton acara stand up comedy live. Gitu tau stand up tour Pandji bakal mampir Denpasar, udah siap-siap harus dapet ni tiketnya buat ngobatin kangen.

Oia, secara pribadi gue bukan penikmat semua karya2 Pandji. Awal gue tau Pandji juga di acara tipi yang ngerjain orang dijalan itu J. Habis itu ilang, dan mulai tau ketika booming gerakan Indonesia Unite, ya sampai sekarang paling nggak gue tau beberapa karyanya.

Pandji Pragiwaksono sebagai comic juga baru taunya 2011 dari acara tipi juga. Dan gue sempet nganggep doi  kurang pas di stand up comedy karena beberapa kali nonton di tv dan bitnya gue anggep gagal (pendapat pribadi) dan sejak saat itu jadi jarang ngikutin Pandji di stand up comedy. Sampai dulu pernah diajak nonton stand up tour dia yang kedua di jogja, gue gak berangkat. Setelah gue tanya temen, katanya sukses besar, lucu banget. Oke, rasa penasaran mulai dateng. Akhirnya gue nonton beberapa scene dari tour dia di YouTube dan masuk bit-nya, nonton dvdnya ternyata bener sukses banget, makin percaya gue sama kapasitas dia di dunia standup comedy dan suatu hari gue harus nonton live stand up dia. Mungkin dulu gue nganggep Pandji gak gitu cocok di stand up comedy, karena kebanyakan nonton dia open mic di tv yang perbendaharaan materinya sangat dibatasi mengingat tampil di tv dan ada hal-hal atau materi yang gak bisa ditampilin. Maap yak om. J

Dan kemarin di acara stand up tournya yang ketiga Mesakke Bangsaku Denpasar yang juga didukung Smart Fren dan Citilink, gue gak ragu lagi buat ngeluangin waktu nonton dia secara live untuk yang pertama kali dan setelah nonton kemarin gue bakal nunggu next project stand up show dia.

Gimana nggak, hampir dua jam tenggorokan dibuat kering gara-gara ketawa baik sama comic local Bali yang bernama Agam yang nggak mengecewakan sama sekali, comic tamu yang adalah juara 1 SUCI 3 siapa lagi klo bukan Babe, bit yang ringan tapi dengan pembawaan dan “bentukan” Babe yang mungkin kalau diam aja diatas panggung udah bisa buat orang ketawa cukup sukses jadi pembuka sebelum masuk ke headliner malem itu yang “empunya” hajatan Pandji Pragiwaksono.

Mesakke Bangsaku atau Kasihan Bangsaku. Dari judul sedikit banyak kita bakal dapet kuliah politik dan permasalahan yang ada di Indonesia. Bener ternyata, Pandji coba membuka pikiran kita tentang hal-hal yang harus kita kasihanin dari Indonesia. Mulai dari permasalahan kaum minoritas, minoritas yang bisa menguasai perekonomian Indonesia, pendidikan di Indonesia yang masih jauh dari kata “mendidik”, dagelan politik Indonesia, peran kaum muda di dalam politik dan beberapa hal kecil tentang kehidupan pribadi Pandji dan yang pasti si Dipo juga masuk kemateri malam itu.

Semuanya tersaji dengan rapi tapi nampol! Pembawaan Pandji yang cukup santai malam itu gak begitu menggebu gebu, sepanjang acara Pandji lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan sesekali menyeruput minuman yang tersedia di sebelahnya. Gue selalu suka dengan jalan pikir Pandji, bagimana ia menyampaikan pendapat tapi mengemasnya dengan cerdas, jadi gue juga diajak berpikir gak cuma menerima pesannya dengan mentah, dan itu semua tersaji ciamik di Mesake Bangsaku kemarin. Satu lagi, pembentukan imajinasi gue malam itu cukup terbantu dengan mimic muka dan gestur badan Pandji dalam menyampaikan bit-bitnya, sadissss!!


Secara pribadi gue seneng banget dengan tema malam ini. Ya, kehidupan sosial atau politik emang selalu enak buat dikuti karena itu nempel dikeseharian manusia. Pandji juga gak sekedar ngelempar wacana tapi didalam itu tentu ada riset atau pengamatan yang udah dilakukan sama dia, bagaimana susahnya kaum minoritas di Indonesia dan memaparkan semua itu ke audience. Tentu ada pelajaran baru buat gue dan orang yang nonton pada malam itu, atau hal sebenarnya kita tau tapi kita sendiri gak paham kalau itu adalah sebuah masalah buat kita bangsa Indonesia. Nah ini yang menurut gue coba disampaikan sama Pandji.

Tapi secara garis besar gue ngeliat Mesakke Bangsaku, sebagai kegelisahan seorang Pandji dan dia coba men-sharing-kan itu ke kita. Ibaratnya, “Halo, ini ada masalah lho di komunitas kita. Kalau nggak diberesin ini mungkin kita bakal hidup dalam masalah tapi kita gak sadar”. Atau lebih tepatnya menciptakan awareness kalau hal-hal kecil yang selama ini kita gak paham dan menganggap itu biasa saja, tapi sebenernya bisa jadi boomerang buat kita bangsa Indonesia. Dibalik mesakke, Pandji juga optimis tentang keadaan Indonesia yang masih bisa dibawa kearah yang lebih baik lagi.

Mengedukasi! Buat gue pribadi, ada beberapa hal yang sebelumnya gue gak tau dan sekarang jadi tau dari gelaran Mesakke Bangsaku Denpasar kemarin. Ini penting juga dalam stand up comedy yang katanya punya istilah lain sebagai “komedi cerdas”, gak cuma sekedar ketawa tapi ada moral value atau “pesan” buat disampaiin. Sebelumnya gue gak tau ada situs ayovote.com yang bisa ngasi gambaran ke kita gimana harusnya sikap kita ke pemilu 2014 dan semua seluk beluk pemilu taun depan, dan ini penting banget menurut gue. Ada juga fakta-fakta epic dari kaum minoritas, pendidikan Indonesia, dan tentunya misteri tujuh (bener gak spelling-nya)  J

Mesake Bangsaku, gimana cara kita mengasihani bangsa ini, tapi gak cuma berhenti di tahap mengasihani aja, dari mengasihani diharapkan ada action dari kita pribadi masing-masing. Itu rangkuman gue dari acara tour Mesakke Bangsaku Sabtu kemarin. Gue pribadi puas dan berterimakasih om, udah mau mampir ke Denpasar. Gak nyesel motong jadwal malam mingguan, buat dateng ke acara ginian, haha. Mungkin kalaupun harga tiket 100 ribu, gue juga gak bakal nyesel kalau ternyata hasilnya bakal se-worthed ini. Gak cuma ketawa, tapi Pandji ngasi PR juga ke kita mengenai “Mesakke Bangsaku”. Sukses banget acara Sabtu kemarin, sekali lagi gue berterimakasih banget om. Terimakasih udah ngobatin kangen ketawa lepas nonton stand up comedy secara live!

Gue pernah nonton wawancara dengan Anies Baswedan di tv, ada quote bagus dari beliau yang gue inget dan kurang lebih kayak gini quotenya: “Banyak orang baik di Indonesia, tapi seringkali mereka tidak diundang”. Gue yakin Pandji salah orang baik yang dimaksud Pak Anies Baswedan. Nah pertanyaan berikutnya, lu belum dapet undangan itu om? Atau sebenernya udah dapet, tapi belum menanggapi? J

Cheers!

Comments

Popular posts from this blog

Bagan, Kota Tua Dengan Ribuan Kuil dan Pagoda (part 2-end)

Mandi Lumpur Dalam Tradisi Mebuug-buugan

Vintage and Boho Style, La Laguna